«

»

Dec 03 2017

12 Tips Membeli Smartphone Baru dan Bekas Berkualitas Harga Murah

Tips Membeli Smartphone – Akhir-akhir ini perkembangan dan kemajuan teknologi di dunia smartphone cukup gila, coba lihat satu vendor smartphone saja bisa merilist\ lebih dari tiga smartphone dalam satu tahun. Tentu smatphone tersebut memiliki kelebihan yang berbeda-beda serta ditaruh pada kelas segmen sesuai spesifikasi yang diusungnya.

Advertisement

Sebagai pembeli sudah jelas kita menginginkan smartphone berkualitas harga pantas. Kita harus bisa lebih teliti dalam memilih smartphone sesuai kebutuhan dan danan pada kantong, jangan sampai kita tergiur iming-iming dari berbagai arah. Sebagai calon pembeli kita wajib melakukan riset mulai dari spesifikasi, fitur dan harga. Apakah itu saja? Tentu tidak, agar tidak keliru membeli smartphone kamu perlu menerapkan dua belas tips membeli smartphone berikut ini.

Baca Juga : 18 HP Harga 1 Jutaan Termurah, Terbaik dan Recomended 2017

12 Tips Membeli Smartphone Baru dan Bekas Berkualitas Harga Murah

Jangan Membeli Smartphone di Awal Peluncuran

Tips Membeli Smartphone

Hardware Belum Teruji Lama

Kita bsia mengambil contoh mengenai kasu Burn In pada Google Pixel 2. Kasus ini benar-benar mengecewakan para pecinta Android tanah air, seharusnya dengan budget Rp 10jt seharusnya kita bisa merasakan kinerja gahar tanpa kedala dari smartphone kelas atas. Faktanya layar OLED pada Google Pixel 2 mengalami burn in atau bebercak setelah beberapa minggu penggunaan.

Meski Google berjanji memperbaiki masalah ini, tetap saja hal ini sangat mengecewakan. Contoh lainya juga dapat dilihat pada kasus Samsung Galaxy S8 dan iPhone 8 yang juga pernah mengalami beberapa kendala saat awal-awal peluncuran. Walau hal ini terjadi pada orang-orang tertentu tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada kita.

Pesan kami sebagus dan secanggih apapun smartphone rilisan terbaru jangan buru-buru membelinya sebelum kamu tahu benar kualitasnya seperti apa.

Fiturnya Belum Optimal

Selain hardware yang mengalami kendala atau cacat terkadang software pada smartphone tidak jarang mengalami masalah serupa. Hal seperti pernah dialami smartphone kelas atas Samsung Galaxy S8 pada saat peresmianya sangat bangga dengan asisten khusus buatan sendiri yaitu Bixby. Setelah diuji coba kemampuan Bixby ternyata belum bisa menyaingin Google Asistant.

Bahkan sang raja smartphone iPhone X juga pernah mengalami hal serupa namun lebih sepele. Yaitu aplikasi kalkulator pada iPhone X terntaya memberi jawaban perhitungan ngawur saat digunakan untuk menghitung cepat. Meski terdengar sepele jika smartphone seharga sepeda motor mengalami masalah kecil seperti ini jelas terlihat sangat menyedihkan.

Tunggu Harga Turun Derastis

Tahukah kamu berapa biaya pembuatan satu iPhone X, apakah sampai belasan juta? Tidak! biaya pembuatan iPhone X hanya sebesar Rp 4 jutaan saja. Namun lihatlah berapa harga yang dibandroll untuk satu iPhone X? Yup benar sekali sampai tembus Rp 15 jutaan. Bayangkan saja kamu membeli iPhone X kemudian perangkat tersebut cacat, jelas rugi besar.

Jika  ada smartphone membawa fitur dan spesifikasi garah terbaru jangan buru-buru untuk membelinya. Tunggulah review-review bermunculan agar kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Tips Membeli Smartphone Baru

Tips Membeli Smartphone

Pastikan Kamu Benar-benar Butuh

Janganlah kamu membeli smartphone hanya untuk gaya-gayaan semata meskipun kamu banyak uang. Belilah smartphone baru saat kamu benar-benar butuh, lantas bagaimana mencari tahu kalau dirimu memang benar-benar butuh? Saat spesifikasi dan fitur smartphone kamu sudah ketinggalan saat ini itu artinya kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Eits sebelum membeli yang baru telusuri terlebih dahulu perkembangan processor smartphone dari tahun ke tahun. Jika sudah tahu pilihlah smartphone yang sekiranya tetap gahar dalam kurun waktu cukup lama, sekitar empat tahun kedepan.

Siapkan Dana yang Cukup 

Tentukan tujuan terlebih dahulu sebenarnya dirimu ini membutuhkan smartphone jenis apa dan untuk apa. Entah itu low-entry, mid-range atau flagship kamu harus tahu agar dana yang kamu keluarkan tidak begitu banyak. Jika kamu ingin menghemat biaya rajin-rajinlah mencari promo atau diskon smartphone terutama di toko online.

Memilih Smartphone Dengan OS yang Sesuai

Sistem operasi pada smartphone berfungsi menjalankan berbagai aplikasi pada smartphone. Untuk smartphone saati ini hanya tersedia Android dan iOS untuk saat ini. Setiap OS juga memliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Untuk Android kami sarankan memilih smartphone yang sudah mengusung OS v.6.0 Marshmallow, sedangkan IOS kemi lebih menyarankan memilih iPhone yang mengusung iOS 8.

Pilih Smartphone Paling Nyaman Untuk Kamu Gunakan

Setelah kamu menemukan smartphone pilihanmu kami menyarankan untuk langsung datang ke cervice center langsung untuk menguji kemampuan smartphone tersebut. Disana akan disediakan banyak display mengenai beberapa smartphone yang direkomendasikan untukmu. Uji setiap keunggulannya dan lansung bayar bila kamu merasa cocok.

Tips Membeli Smartphone Bekas

Tips Membeli Smartphone

Cek Harga Pasaran

Saat ini sudah banyak sekali media menyediakan perkembangan harga berbagai merk smartphone. Coba browsing atau streaming mengenai harga baru dan harga bekas dari smartphone yang ingin kamu beli, dari situ nanti kamu bisa menawar smartphone bekas sesuai kondisi. Supaya ada chemistry antara pembeli dan penjual tawarlah harga sesuai akal sehat.

Cek Kondisi Smartphone

Seperti yang kami bilang kondisi fisik pada smartphone juga dapat mempengaruhi harga dari smartphone tersebut. Cek semua sisinya, mulai dari layar, tombol, fitur, kamera hingga baterai pada smartphone. Bila smartphone tersebut sudah tidak ada segel bawaan artinya perangkat tersebut pernah rusak sebelumnya, tanyakan penyebabnya dan pertimbangkan harga yang ditawarkan.

 Pastikan Semua Lengkap

Sebelum deal cek dulu kelengkapan dari smartphone, mulai dari DoosBook, Charger, Kabel USB, Headset, Baterai dan aksesoris lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan perangkat tersebut asli dan masih ORI. Apabila charger sudah rusak, headset tidak ada, baterai sudah diganti dan doosbook-nya tidak ada kamu perlu mencari tahu penyebabnya.

Bila alasan yang diberikan tidak logis dan cenderung nyeleneh lebih baik urungkan niatmu untuk membeli smartphone bekas tersebut.

Cek Nomot IMEI

Cek nomor IMEI adalah cara termudah untuk mendeteksi smartphone tersebut asli atau tidak. Cara cek IMEI cukup mudah, tinggal ketikkan *#06#  maka akan muncul nomor IMEI dengan sendiri. Pastikan nomor IMEI sesuai isi DoosBook, jika tidak ada DoosBook kamu bisa mencarinya melalui internet untuk memastikan keasilannya.

Cek Garansi Produk

Advertisement

Bila seseorang yang kamu kunjungi adalah penjual profesional dia pasti menjelaskan kelebihan dan kekurangg dan smartphone bekas yang dia jual. Sehingga kamu bisa mengajukan garansi bila barang yang dijual mengalami masalah atau uang bisa dikembalikan.

HATI-HATI BILA ADA ORANG YANG MENJUAL SMARTPHONE BEKAS BERKUALITAS NAMUN HARGA YANG DITAWARKAN TIDAK WAJAR. BISA JADI SMARTPHONE ITU TELAH RUSAK ATAU MUNGKIN BARANG PALSU !

Permanent link to this article: http://tabloidtechno.com/tips-membeli-smartphone-baru-dan-bekas/

Leave a Reply